Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Work From Home

Jagoankita.com – Selama masa pandemi COVID-19, segala aktivitas belajar maupun bekerja dilakukan dari rumah secara digital menggunakan komputer. Ketika semua serba digital, ini jadi lebih berisiko dan membuat banyak orang mengalami sakit mata karena rutin memandang layar.

Hati-hati, karena terlalu lama melakukan aktivitas di depan layar komputer akan membuat mata menjadi lelah, kering, pusing, padangan kabur, dan memerah. Mengutip dari laman All About Vision, kamu bisa mencoba lima tips di bawah ini untuk menjaga kesehatan mata saat melakukannya.

1. Gunakan pencahayaan ruangan yang baik

Jika kamu menggunakan komputer, pencahayaan di sekitar kamu harus 50 persen lebih redup dibandingkan pencahayaan komputer. Cobalah untuk menutup pencahayaan jendela dengan menggunakan gorden atau menggunakan lampu ruangan yang sedikit lebih redup.

Selain itu kamu perlu memastikan posisi komputer agar tidak diletakkan di depan jendela, sehingga pencahayaan dari jendela tidak akan membuat mata sakit ketika menggunakan komputer.

2. Pasang anti glare pada monitor

Penggunaan anti glare pada layar komputer sangat cocok ‘menangkis’ pantulan cahaya dari lampu atau cahaya dari luar. Jika bisa, carilah tempat dengan warna tembok sedikit gelap.

Jika kamu memakai kacamata, kamu juga bisa mengganti lensa kacamata dengan fitur anti reflektif atau blue light untuk mengurangi cahaya yang direfleksikan komputer ke mata kamu.

3. Pakai monitor anti reflektif

Jika kamu masih memakai layar monitor tabung atau CRT, dianjurkan untuk menggantinya dengan yang LED dengan permukaan anti reflektif. Karena layar pada monitor tabung ataupun CRT memiliki refresh rate kurang dari 75, ini yang membuat mata menjadi sakit ketika menggunakan monitor cukup lama.

Baiknya gunakan layar monitor yang memiliki tingkat resolusi yang tinggi dan kurang dari 19 inci untuk kenyamanan saat menggunakan komputer.

4. Atur layar monitor

Kamu bisa mengatur layar monitor untuk mengurangi sakit mata dan kelelahan. Seperti mengatur cahaya, ukuran teks, kontras, juga temperatur warna. Usahakan untuk mencari monitor yang memiliki fitur power safe, fitur tersebut akan membuat layar menjadi terasa redup.

Selain itu dianjurkan untuk menggunakan fitur mode membaca jika kamu harus menggunakan monitor untuk mengerjakan tugas dengan jangka waktu yang cukup lama.

5. Sering mengedipkan mata

Berkedip adalah hal yang sangat penting ketika kita lama-lama di depan komputer. Cara ini akan melembabkan mata untuk menghindari kering dan iritasi pada mata. Ketika kamu menatap layar, cobalah untuk setidaknya berkedip tiga kali lebih sering daripada biasanya.

Menggunakan obat tetes mata juga menjadi solusi untuk menghilangkan merah pada mata sekaligus melembabkan mata setelah menggunakan komputer. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *