Tipe-Tipe Tongkrongan Anak Muda Jakarta yang Harus Kamu Tahu

JagoanKita.com – JAKARTA menjadi kota dengan penduduk yang memiliki berbagai latar belakang berbeda. Ada yang dari kalangan menengah ke bawah, ke atas, bahkan ke samping. Seperti kata pepatah yaitu “monyet main dengan monyet”, masyarakat Jakarta yang beragam ini cenderung lebih memilih untuk bergaul dengan mereka yang satu frekuensi.

Para Wibu (pencinta budaya Jepang) akan berteman dengan mereka yang memiliki kesukaan yang sama, para party goers akan mencari kelompok yang suka pesta lainnya untuk minum-minum tiap akhir pekan, para penikmat musik akan hura-hura bersama penonton di festival musik, dan para selebgram juga akan berkumpul dengan teman-teman influencer lainnya.

Belum lama ini, penulis berkesempatan untuk menghampiri kantung-kantung tongkrongan anak muda yang tersebar di Jakarta. Mengamati, bertanya, sekaligus melakukan riset seputar tempat berkumpulnya anak muda Ibu Kota sesuai dengan apa yang mereka suka dan butuhkan. Dari perjalanan menghampiri beberapa kantung tongkrongan anak muda, penulis lalu mengelompokkan setidaknya enam tipe tongkrongan anak muda saat ini, yuk simak!

1. Anjay mabar

Entah itu Mobile Legends, PUBG, CoC, atau game lainnya, tipe tongkrongan satu ini biasanya selalu sibuk nunduk sambil miringin hp-nya. Kalo yang modal, biasanya mereka membawa power bank sendiri dan main pake kuota sendiri.

Kalo yang agak kere, biasanya mereka akan ngajak kamu nongkrong ke cafe yang wi-fi nya kenceng dan minjem charger orang biar bisa tetep lanjut push rank.

Jika kamu berada di sekitar mereka, jangan kaget jika salah satu dari mereka mengumpat dengan suara kencang yang bisa dikonklusikan sebagai tanda-tanda kekalahan. Apakah kamu salah satunya?

2. Sosialita

Kalangan sosialita adalah mereka yang bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan tanpa mengenal waktu. Karena banyak waktu dan banyak uang, tidak jarang kamu temukan tongkrongan sosialita yang bisa liburan ke luar negeri bersama teman-temannya sebanyak tiga kali setahun.

Sehelai kaos yang mereka gunakan bisa bernilai satu unit motor, dan sebuah tas tangan yang dimiliki kaum sosialita ini juga bisa membiayai kuliahmu sampai lulus. Meskipun begitu, tidak jarang muncul kehadiran fake friends yang ingin memanfaatkan kekayaan teman-teman sosialita mereka.

3. Perselebgraman duniawi

Karena mereka ‘merupakan’ sosok public figure, influencer, anak hits, atau bisa juga disebut sebagai selebgram. Biasanya teman-teman mereka juga memiliki followers Instagram yang sudah ada huruf ‘K’. Jika tidak? Sorry, you can’t sit with us.

Selebgram merupakan tongkrongan yang tidak mengenal lelah. Setelah bangun siang karena bergadang semalaman, biasanya mereka akan ke coffee shop terdekat untuk foto barang endorse. Setelah itu, mereka akan bersiap-siap untuk hangout sambil minum-minum cantik dan mendengarkan live music performance bersama teman-temannya.

Ingatan para selebgram sangatlah kuat, karena mereka mampu mengingat seluruh lirik lagu-lagu terkini yang sering dimainkan oleh live music di cafe keren, dan biasanya instagram stories mereka selalu titik titik seperti jahitan. Ketika live music telah berakhir, banyak dari mereka yang tancap gas dan meluncur ke Dragonfly untuk lanjut bergoyang.

Tongkrongan selebgram biasanya diisi dengan anak-anak gaul nan tajir. Mereka biasa akan berkumpul di bilangan Selatan Jakarta yang pasti bisa dengan mudah dikenali lewat penampilannya yang menarik dan kepercayaan diri yang tinggi.

Belum lagi membahas tentang penggunaan bahasa ala AGJS (Anak Gaul Jakarta Selatan) yang bertaburan which is dan literally. Ketika tongkrongan ini baru mendapatkan berita yang mengejutkan ketika sedang bergosip, kata yang biasa keluar dari mulut mereka adalah “sumpah demi??” Kemudian akan dibalas dengan sumpah-serapah lainnya oleh sang penyebar gosip untuk memvalidasi statement yang telah dikemukakan sebelumnya.

Meskipun begitu, ada sisi positifnya juga lho! Biasanya tongkrongan perselebgraman ini akan saling mendukung teman-temannya dengan memberikan like dan komentar manis yang berisikan pujian di media sosial. Mereka juga memiliki jiwa seni yang tinggi, bisa dibuktikan dari keindahan feeds instagram mereka.

Selain itu, para selebgram juga biasanya memiliki sense fotografi yang tidak perlu diragukan lagi, karena biasanya tujuan mereka nongkrong bareng di restoran mewah dan hits bersama teman-temannya adalah untuk kepentingan foto-foto.

Jika tertarik untuk masuk ke tongkrongan ini, kamu bisa menambahkan wawasanmu dalam bidang fotografi, terutama angle mana saja yang bisa membuat dirimu terlihat lebih langsing, menarik, serta aesthetic.

4. Selaw

Nah, tipe temen ini biasanya easy-going dan cerdas. Mereka biasanya bersedia nongkrong dimana aja asal rame-rame biar semakin seru. Temen tipe ini bukan mengincar tempat yang hits dan mahal, melainkan obrolan yang mahal dan berkualitas.

Jika kamu bertemu dengan teman seperti ini, rasanya suasana akan selalu asik dan seru tanpa harus keluar uang banyak-banyak. Dalam tongkrongan ini, biasanya akan banyak terbongkar aib-aib temanmu yang nantinya akan menjadi bibit-bibit ejekan.

Tongkrongan ini biasanya akan membahas segala hal mulai dari yang penting sampai yang tidak penting karena tujuan obrolan mereka hanya untuk bersenang-senang dan bercanda.

5. Banyak drama

Nah, jika kamu memiliki circle yang suka drama, biasanya obrolan kalian gak jauh-jauh dari gosip, julid, dan penuh dengan pencitraan.

Jika anggota geng kamu banyak, kemungkinan besar kalian akan membuat geng kecil lagi yang isinya buat julid pada teman lainnya.

Dalam persahabatan penuh drama seperti ini, kamu harus pintar-pintar mendeteksi toxic friendship yang nantinya bisa berdampak buruk dan merugikan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *