Tidak Sempet Olahraga? Yuk Mandi Air Panas!

Jagoankita.com – Mau kurus tapi malas berolahraga? kamu bisa sering-sering mandi air panas nih! Sebuah penelitian menunjukkan mandi air panas memiliki manfaat kesehatan yang setara dengan berolahraga. Tidak percaya?

Eksperimen yang dilakukan oleh National Centre for Sport and Exercise Medicine di University of Loughborough, Inggris melibatkan 14 laki-laki yang diharuskan untuk memilih salah satu dari dua kegiatan. Dua kegiatan itu ialah mandi di air panas bersuhu 40 derajat celcius selama satu jam atau bersepeda selama satu jam.

Kedua kegiatan ini dirancang untuk meraih kenaikan suhu tubuh inti sebanyak 1 derajat celcius. Para peneliti kemudian menghitung seberapa banyak kalori yang terbakar dalam setiap kegiatan serta kadar gula darah mereka selama 24 jam kedepan.

sepeda
Foto: Unsplash/Coen van den Broek

Hasilnya, kedua kegiatan tersebut memberikan keuntungan yang serupa bagi tubuh manusia. Meskipun bersepeda lebih mampu membakar kalori lebih banyak, namun mandi air panas selama satu jam juga bisa membakar sekitar 140 kalori. Ini setara dengan berjalan-jalan selama 30 menit.

mandi
Foto: Unsplash/Micheile Henderson

Tidak hanya itu, kegiatan bersepeda dan mandi air panas juga sama-sama dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Yuk dapatkan pembakaran kalori lebih banyak dengan cara melakukan kedua kegiatan tersebut dengan rutin. Ya minimal sering-sering mandi air panas ya kalau kamu tidak punya waktu untuk olahraga. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *