Sabun atau ‘Hand Sanitizer’, Mana yang Lebih Efektif?

Jagoankita.com – Pentingnya menjaga kebersihan tangan saat ini menjadi perhatian banyak orang untuk terhindar dari virus Corona. Orang ramai memborong di supermarket demi mendapatkan stok hand sanitizer dan sabun cuci tangan. Tak lain, yakni untuk meminimalisir resiko terpapar COVID-19 yang sangat mengkhawatirkan. Namun, manakah yang lebih efektif? Cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer?

Penggunaan pembersih tangan portabel lebih digemari karena bentuknya mudah dibawa kemana-mana dan praktis dalam penggunaannya. Melansir laman Allure, “hand sanitizer bisa lebih praktis dan mudah diakses ketika orang berpergian, dapat membersihkan tangan. Ini dapat membantu mengurangi kemungkinan penularan virus,” kata Neha Nanda, medical director of infection and antimicrobial management untuk Keck Medicine dari University of Southern California.

Penggunaan sabun cuci tangan lebih disarankan (Pixabay/Renateko)

Hand sanitizer baik dalam melawan semua jenis virus kecuali norovirus, penyebab jenis diare tertentu. Athanasios Melisiotis, seorang dokter di Penn Medicine di University of Pennsylvania, menunjukkan beberapa potensi kerugian lain dari hand sanitizer. “Beberapa pembersih tangan dapat meninggalkan residu yang terasa licin atau tidak nyaman bagi beberapa pengguna,” ungkapnya.

Pembersih tangan portabel juga dinilai bisa lebih mahal ketimbang sabun cuci tangan. Kemudian hal tersebut menjadi preferensi banyak dokter di seluruh dunia hingga saat ini. Meskipun banyak rumah dan bisnis menyediakan hand sanitizer dalam jumlah besar, sebaiknya pikirkan pembersih tangan portabel sebagai alternatif, ketika wastafel dan sabun tidak dapat diakses. Mengapa?

“Virus paling efektif dibunuh dan dihilangkan dari tangan dengan sabun dan air,” kata Nanda. Hand sanitizer dapat membunuh virus dan bakteri tertentu, tapi tidak ‘membersihkan’ tangan kamu. “Sanitizer tidak menghilangkan kotoran dan puing-puing yang sebenarnya. Sabun membunuh kuman, mengikatnya, dan membantu menghilangkannya secara fisik, dengan air, dari kulitmu,” tambahnya. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *