Ini Perbedaan Facelift, New dan All New pada Mobil

Jagoankita.com – Produk terbaru dari otomotif setiap tahunnya merilis berbagai inovasi. Merk dan model yang sama namun disertai dengan istilah facelift, new atau all new. Bagi orang awal istilah tersebut cukup membingungkan, namun ujung-ujung membeli produk anyar itu.

Pemakaian istilah itu merujuk pada perubahan yang ada pada mobil baru tersebut. Biasanya perubahan terjadi pada eksterior, interior dan mesin. Perkembangan dan inovasi dari pabrik kendaraan dilakukan untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumen pemakainya. Meskipun perubahan yang dimaksud hanya sedikit tapi tak ada salahnya untuk menyematkan istilah tersebut.

Ada ungkapan perubahan-perubahan yang dilakukan oleh produsen otomotif dengan istilah-istilah tersebut.

Facelift

mobil
Model facelift terdapat perubahan pada bagian eksterior. (Foto: kabaroto)


Istilah ini mengacu pada perubahan pada komponen-komponen kendaraan yang mencapai sekitar 30% dari model terdahulu. Facelift biasanya dapat mengubah penampilan mobil. Biasanya perubahan ini ada pada sisi eksteriornya, seperti lampu depan, bumper atau grill. Namun tidak menutup kemungkinan mesin juga mengalami perubahan.


New

mobil
Mobil new biasanya mengalami perubahan 50% dari tahun sebelumnya. (Foto: carimages)


Perubahan model mobil ini sekitar 50% dari model tahun sebelumnya. Bila dibandingkan dengan facelift, biasanya ada pada penampakan eksteriornya, baik di bagian depan, belakang, serta sisi-sisinya. Ambil contohnya saja Mitsubishi Pajero Sport terbaru yang memiliki body lebih cembung bukan kotak seperti tahun sebelumnya.


All New

mobil
Suzuki Baleno anyar yang mengeluarkan model all new. (Foto: suzuki.co.id)


Terakhir adalah all new, kategori ini bisa membuat kendaraan berubah total. Bahkan pabrikan juga ada yang mengubah jenis kendaraannya. Misalnya seperti Suzuki Baleno, yang dulunya merupakan mobil sedan kini berubah menjadi hatchback, perubahannya totalitas hingga fiturnya.

Pada kategori ini biasanya mesin mobil diubah 80 sampai 100%, produsen melakukan perubahan ini karena pertimbangan biaya produksi. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *