Ini Loh Manfaat Memelihara Janggut!

Jagoankita.com – Bagi sebagian pria memiliki janggut bukanlah suatu hal yang keren, melainkan kotor dan terkesan nakal. Menurut survey, rata-rata pria tidak memiliki janggut karena tidak disukai oleh pasangannya. Hal ini membuat pria yang awalnya gemar memelihara janggut, jadi tidak memilih untuk melakukannya. Namun, ternyata terdapat manfaat di balik janggut yang lebat.

Melansir laman piedmont.org, beberapa penelitian menunjukkan bahwa janggut dapat menampung bakteri berbahaya, sementara yang lain menemukan janggut bermanfaat dalam mengurangi kanker kulit. “Manfaat memililiki janggut adalah perlindungan, serta estetika,” kata Dr. Harvey, seorang dokter kulit di Piedmont.

“Ini perlindungan yang baik terhadap angin, gesekan, dan cedera traumatis. Selain itu, ini juga tren bagi beberapa pria yang memiliki beberapa bentuk rambut dan wajah yang cocok,” tambah Dr. Harvey.

Sementara laman Beard Resource mengatakan, janggut memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan lain, seperti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Jenggot dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, meskipun tingkat perlindungannya mungkin tergantung pada kepadatan dan ketebalan janggut.

“Kamu akan memiliki perlindungan, karena rambut adalah media reflektif,” ujar Dr. Harvey. Meskipun beberapa sinar UV bisa tembus, ada beberapa hamburan cahaya dan disitulah janggut melindungi kamu terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Kemudian, janggut bisa menjaga kamu tetap hangat. Janggut dapat menambahkan lapisan perlindungan pada dagu dan lehermu, sehingga membuat kamu tetap hangat di cuaca dingin. Semakin panjang dan lebat janggut, semakin baik pula itu melindungi wajahmu.

Meski sekarang kamu tahu bahwa memelihara janggut membawakan banyak manfaat positif, kamu juga harus bagaimana merawat janggut agar tetap pada kondisi sehat. Melansir dari laman piedmont.org, merawat janggut memang diperlukan waktu, kesabaran, dan dedikasi yang tinggi.

Kamu bisa mencoba beberapa tips, termasuk membiarkan janggut tumbuh. Diperlukan minimal satu bulan untuk janggut bisa tumbuh. “Bersabarlah dalam proses awal,” ujar Dr. Harvey.

Jangan lupa untuk ikut memberikan sampo pada janggut secara teratur. Hal ini dimaksudkan untuk membuat janggutmu tidak kering dan rapuh. Kamu juga bisa menambahkan beberapa minyak alami lainnya untuk menjaganya tetap lembut. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *