Ini Loh Efek Samping Keseringan Minum Jeruk Nipis

Jagoankita.com – Mengasup vitamin C dari buah amat disarankan di masa pandemi ini. Vitamin C alami bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Salah satu sumber vitamin C alami ialah buah jeruk. Banyak yang memanfaatkan air jeruk nipis untuk asupan vitamin C.

Seperti dilansir Hellosehat, air jeruk nipis punya segudang manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meremajakan kulit, mengobati diare (disentri), hingga membantu menurunkan berat badan.

Biarpun jeruk nipis dingin menyegarkan dan penuh manfaat, kamu tetap harus mengonsumsinya dalam moderasi yang tepat. Keseringan minum jus jeruk nipis bisa jadi bumerang bagi tubuh kamu loh.

1. Memicu kenaikan asam lambung

Jeruk nipis punya rasa asam yang lebih tajam ketimbang jeruk lainnya. Kandungan asam pada jeruk nipis bisa memicu naiknya asam lambung.

Rasa asam pada jeruk nipis berasal dari kandungan pH pada buahnya. Jeruk nipis punya pH 1,8-2 yang artinya sangat asam. Zat asam itulah yang dapat memicu asam lambung naik. Kalau sudah begitu, perutmu bisa terasa perih.

Dalam kondisi yang lebih parah, kombinasi asam sitrat dan asam askorbat pada jeruk nipis dapat memperburuk gejala refluks asam lambung alias GERD. Karena alasan iutlah, kamu yang punya penyakit maag tidak dianjurkan minum air perasan jeruk nipis atau jenis jeruk lainnya dalam jumlah yang banyak.

2. Merusak gigi

Minuman asam bisa berhabaya untuk gigimu. Minnesota Dental Association mengungkapkan enamel gigi bisa terkikis jika terus-menerus terkena makanan atau minuman dengan pH 4 atau di bawahnya.

Itu berarti minum jus jeruk nipis sekali saja bisa mengikis enamel gigi, apalagi kalau dikonsumsi terus-menerus dalam jumlah banyak. Enamel gigi yang tipis bakal melemahkan perlindungan gigi. Akibatnya, dentin gigi kamu mudah rusak, gigi jadi berlubang, hingga menimbulkan terasa sakit.

Untuk menghinddari hal itu, segeralah berkumur setelah minum jus jeruk nipis. Berikan jeda setidaknya 1 jam sebelum kamu menggosok gigi. Tujuannya, supaya zat asam jeruk nipis tidak semakin menyebar dan merusak gigi.

3. Ulkus lambung

Kadar asam sitrat pada jus jeruk nipis yang tinggi juga bisa menyebabkan ulkus lambung. Itu merupakan kondisi ketika ada luka terbuka di lapisan lambung.

Ulkus atau radang lambung terjadi ketika lapisan yang melindungi lambung jadi menipis. Penyebabnya, cairan pencernaan yang terlalu asam.

Cairan asam, salah satunya dari air perasan jeruk nipis, terus-menerus menggerogoti jaringan yang melapisi perut sampai menimbulkan luka yang terasa perih.

Luka pada lambung akan terasa amat menyakitkan dan mengganggu aktivitas kamu. Bahkan, kamu mungkin juga akan merasakan sensasi terbakar di perut dan mulas saat mengalami ulkus lambung.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu minum air jeruk nipis dalam jumlah terbatas. Selain itu, kenali juga kondisi kesehatan kamu sebelum minum air jeruk nipis ya. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *