Cara Mudah Agar Kendaraan Selalu Prima, Cek Bagian Ini!

Jagoankita.com – Banyak pemilik mobil, yang merasa merawat kendaraan itu adalah sesuatu yang sulit, dan harus dilakukan di bengkel. Makin repot, bila ternyata pemilik mobil dilanda kesibukan sehingga jarang memeriksakan kondisinya.

Padahal, perawatan kendaraan khususnya pengecekan, dapat dilakukan sendiri di rumah. Hal ini wajib dilakukan agar kondisi mobil dapat selalu prima, dan tetap aman serta nyaman selama digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

“Rutinitas yang sudah berjalan normal ini kadang membuat pemilik kendaraan luput atau lupa dalam mengecek kendaraannya sendiri, terlebih, bagi pelanggan yang memang sangat sibuk sampai tidak sempat datang ke bengkel,” ujar Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Lantas, langkah apa saja sih yang bisa dilakukan oleh pemilik, dalam memeriksa kondisi mobilnya di rumah? berikut tipsnya:

1. Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant.

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper, sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.

4. Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering.

Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

5. Agar kinerja pengereman optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel terdekat.

6. Khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

“Dari sharing tips ini, konsumen dapat menjaga kendaraan kesayangannya agar tetap dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari,” pungkas Bambang. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *