Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Jagoankita.com – Luka diabates umumnya tidak memberikan gejala tertentu bagi penderita.

Namun luka ringan yang dibiarkan maka dapat berkembang menjadi luka kronis, yang dapat menyerang bagian otot dan tulang sehingga apabila tidak segera diobati maka bagian tubuh yang terinfeksi luka harus segera diamputasi.

Pada umumnya luka ini dikenal juga dengan istilah luka neuropati, menyerang area kaki atau dikenal dengan istilah diabetic foot ulcer, yang dapat menyerang saraf perifer dan otonomik.

Perawatan luka diabetes sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar.

Cara perawatan luka akibat diabetes, antara lain:

  1. Perhatikan faktor kebersihan pada perawatan luka diabetes untuk menghindari terjadinya infeksi silang.
  2. Lingkungan area sekitar luka yang lembab mampu mempercepat proses penyembuhan luka, mempertahankan kehilangan jaringan serta kematian sel, 
  3. Hindari untuk membalut luka konvensional menggunakan balutan kassa kering setelah dibersihkan menggunakan larutan NaCl dan iodine providine. Hal ini disebabkan kassa akan menempel pada area luka kering yang menimbulkan rasa nyeri dan merusak sel-sel baru yang akan tumbuh.
  4. Rutinlah membasuh kaki setiap hari menggunakan air hangat.
  5. Apabila ada luka lecet, radang atau luka akibat jatuh segera lakukan pengobatan.
  6. Hindari berjalan tanpa penggunaan alas kaki, gunakanlah alas kaki yang tidak sempit dan nyaman di kaki.
  7. Lakukan pola hidup sehat untuk menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah tinggi merupakan salah satu penyebab munculnya luka diabetes.
  8. Hindari stress yang dapat meningkatkan hormon kortisol dan memperlambat aliran darah sehingga berdampak pada proses penyembuhan luka yang semakin lama.
  9. Konsumsi banyak makanan bergizi agar memberikan nutrisi maksimal pada tubuh yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka diabetes.( Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *