Beberapa Tempat yang Dapat Melihat Gerhana Strawberry Moon Hari Ini

Jagoankita.com – Belakangan ini banyak orang telah menaruh minat lebih besar pada fenomena alam dan astronomi di saat kita harus menghabiskan begitu banyak waktu di rumah, terima kasih kepada COVID-19. Beberapa bagian dunia akan menikmati gerhana strawberry moon hari ini tanggal 5 Juni, sementara yang lain hanya akan disuguhi pemandangan indah dari strawberry moon.

Sayangnya, terlepas namanya yang diambil dari jenis buah, bulan purnama yang hadir di bulan Juni ini tidak akan tampil dengan warna merah. Namanya sendiri berasal dari kegiatan panen buah stroberi.

Bulan purnama terjadi setiap 29,5 hari. Bulan purnama nama yang sesuai dengan musim karena suku asli Amerika awalnya melacak perubahan musim bulan, bukan kalender matahari. Bulan purnama di bulan Juni juga kadang-kadang disebut bulan padang rumput, bulan madu dan bulan mawar.

Pada tanggal 4 dan 5 Juni 2020, bulan akan terlihat secara penuh dengan mata telanjang. dan puncak dari fase penuh bulan akan terjadi pada tanggal 5 Juni. Orang-orang di Amerika Utara tidak akan dapat melihatnya karena akan ada siang hari di sana. Namun untuk warga Eropa, Afrika, Asia dan beberapa bagian Australia akan melihat apa yang disebut gerhana bulan penumbral.

Bulan purnama Juni menyapu ke bagian utara bayangan gelap Bumi, atau penumbra. Menyebabkan gerhana sebagian bulan. Namun, akan terlihat sangat redup sehingga sebagian besar orang tidak akan tahu bahwa itu sedang terjadi saat melihatnya.

Bulan purnama di bulan Juni tidak akan terlihat sama sekali di utara Lingkaran Arktik, tempat matahari bersinar selama 24 jam. Ini disebabkan sekarang tidak ada matahari sedikit di bagian selatan Lingkaran Antartika, bulan purnama Juni akan meniru matahari tengah malam musim panas, menurut EarthSky.

Keadaan langit yang cerah menjadi syarat untuk menikmati kehadiran fenomena bulan yang menakjubkan ini di akhir pekan ini. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *