Bagaimana Mengatasi Perut Kembung

Jagoankita.com – Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa penuh, kencang, bergas dan membuat siapapun yang merasakannya terganggu. Selain itu, perut juga akan terlihat membesar yang berakibat mengganggu penampilan. Penyebab perut kembung dapat beraneka ragam, mulai dari sembelit, faktor makanan, hingga disebabkan oleh penyakit seperti maag dan asam lambung.

Jika kamu sering mengalami perut kembung, berikut cara mengatasi nya :

1.Konsumsi Pisang yang tinggi potasium

Kembung terjadi apabila perut mengalami kelebihan cairan ataupun gas. Makanan yang mengandung potasium akan membantu mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Makanan yang tinggi akan potasium diantaranya ialah pisang, blewah, mangga, bayam, tomat, dan kacang. Makanan tersebut akan berperan sebagai diuretik yang dapat membuang kelebihan cairan dalam sistem pencernaan. 

2. Irisan lemon

Memasukkan beberapa irisan lemon ke dalam minuman memang memberikan rasa yang menyegarkan. Bukan hanya itu, ternyata lemon juga membantu menstimulasi saluran pencernaan. Ketika pencernaan kuat, tubuh akan mengurai makanan dengan lebih baik, menyerap lebih banyak nutrisi, dan mencegah perut kembung. 

3. Berjalan kaki selama 15-20 menit

Lawan kembung dengan berjalan kaki setidaknya selama 15 hingga 20 menit setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga makanan tetap bergarak melalui saluran pencernaan. Keringat yang dihasilkan dari aktivitas ini dapat mengurangi kelebihan cairan yang menjadi penyebab utama perut kembung. 

4. Minum secangkir teh peppermint

Minum secangkir teh pepperment ternyata ampuh untuk meredakan gejala kembung dengan cepat. Peppermint berfungsi untuk mengurangi dan mengendurkan otot-otot pencernaan. 

5. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik

Bakteri baik dapat ditemukan dalam produk susu seperti yoghurt dan minuman probiotik. Hasil studi menunjukkan bahwa minuman yang mengandung bakteri baik sejenis Lactobacillus dapat mengurangi rasa kembung di perut. 

Itu cara mengatasi perut kembung yang seringkali datang mendadak dan ganggu aktivitasmu. Semoga bermanfaat!(Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *