Tips Untuk Mengatasi Nyeri atau Pegal Betis Saat Tidur

Jagoankita.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pegal-pegal. Tidak perlu ke dokter karena Anda bisa mengatasinya sendiri dengan melakukan hal-hal berikut ini di rumah:

1. Regangkan kaki dalam beberapa menit

Jika kaki terasa pegal, coba lakukan peregangan dengan cara meluruskan kaki ke depan. Biarkan otot dan urat kaki tertarik dengan sendirinya. Agar betis tidak terasa sakit saat bersentuhan ke lantai, gunakan bantal sebagai alas.

Apabila sudah mendingan, Anda bisa mengoleskan minyak ke betis dan otot kaki agar rasa pegal segera hilang. Pijat secara perlahan untuk melancarkan sirkulasi darah.

2. Rendam kaki dengan air hangat

Ambil baskom, lalu isi dengan air hangat. Tambahkan 1-2 sendok garam dapur ke dalam air hangat, lalu campurkan hingga merata. Masukkan kaki ke dalam baskom, dan tunggu sampai beberapa menit. Kalau mau, Anda bisa memijat kaki secara perlahan agar rasa nyeri semakin cepat hilang

Air hangat dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga rasa pegal di bagian kaki dan tumit bisa hilang dalam beberapa menit saja.

3. Oleskan bawang putih

Siapa bilang manfaat bawang putih hanya untuk bumbu dapur saja? Jangan salah, kandungan zat anti peradangan yang terdapat pada bawang putih juga ampuh untuk meredakan pegal-pegal. Tidak hanya pada kaki saja, tapi juga pada anggota tubuh yang lain.

Ambil 1-3 siung bawang putih, lalu hancurkan sampai halus. Oleskan bawang putih ke kaki yang pegal. Tunggu hingga beberapa menit sampai rasa pegal terasa mendingan daripada sebelumnya.

4. Angkat kaki lebih tinggi daripada kaki yang lain

Jika rasa nyeri masih belum hilang juga, sebaiknya posisikan kaki lebih tinggi daripada kaki yang lain. Tidurlah dengan posisi telentang, lalu angkat satu kaki, sementara kaki yang lainnya dibiarkan ditekuk. Cara ini bisa Anda lakukan sebelum tidur, sehingga rasa pegal dapat hilang pada keesokan harinya.

Mengangkat kaki dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga darah yang menumpuk pada satu otot kaki dapat mengalir sempurna ke otot kaki yang lain.

5. Perbanyak konsumsi cairan dan makanan bergizi

Untuk meminimalisir kambuhnya rasa pegal, Anda bisa mengantisipasinya dengan cara mengonsumsi banyak cairan. Tidak hanya minum air putih atau jamu saja, tapi juga makanan yang mengandung cairan, seperti buah pir, semangka, dan nanas.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada makanan mampu melengkapi kebutuhan gizi di dalam tubuh juga. Jadi, sangat dianjurkan untuk memperhatikan asupan gizi dan menerapkan pola makan sehat.(Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *