Apa Pentingnya Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur?

Jagoankita.com – Bayangkan kamu tidak minum air selama 8 jam atau lebih. Saat tidur, tubuh menyerap cairan di dalam tubuh. Tak heran terkadang kamu terasa haus setelah tidur panjang dan butuh segelas air.

Banyak ahli kesehatan dan ahli gizi menyarankan untuk minum segelas besar air setelah bangun tidur karena berguna untuk menurunkan lemak tubuh. Terutama jika sedang makan atau minum kurang sehat, air putih bisa membantu untuk meningkatkan energi dan mengurangi lemak membandel.

Para ahli merekomendasikan minum air putih sebanyak 480ml tepat setelah bangun tidur, atau minum tergantung pada berat masing-masing orang. Ada minum 1-2 liter, ada juga dengan ukuran 2 gelas besar.

Dilansir dari alifeofproductivity.com, kegunaan air putih bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme. Dengan minum segelas besar air setelah bangun terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan bisa menggantikan cairan tubuhmu yang hilang setelah bekerja semalaman.

Pexels:Daria Shevtsova

Selain itu, ketika bangun tidur, kamu mengalami dehidrasi karena tidur selama 7-8 bahkan sampai 10 jam pada malam hari, sehingga air putih akan jadi sangat penting untuk menghilangkan dahaga dan membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Saat membersihkan racun, ginjal melakukan pekerjaan berat, karena itu tubuh harus diisi dengan air agar kerjanya bisa lebih maksimal. Dengan meminum air putih pada pagi hari, dapat pula membantu kerja otak dan meningkatkan mood.

Kelebihan lain minum air putih terkadang seseorang menjadi tidak mudah lapar. Jika meminum air kurang lebih 30 menit sebelum makan, porsi makanmu akan berkurang karena air sudah mengisi perut dan akan memberikan efek sedikit lebih kenyang.

Jadi, jangan lupa minum air putih saat bangun tidur! Biasakan dirimu untuk meminum lebih banyak air putih. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *