Aman Kah Pesan Makanan Lewat Online Saat Pandemi Virus Corona?

Jagoankita.com – Pesan makanan lewat online mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan bagi banyak orang. Terlebih saat ini sedang terjadi wabah virus corona, di mana banyak orang memilih berada di rumah dibandingkan harus bepergian.

Meski demikian, di tengah mewabahnya virus corona yang melanda, apakah aman untuk pesan makanan lewat ojek online? Nah jawabannya, adalah aman.

Ya, hingga saat ini, belum ada hasil studi yang menyebutkan bahwa virus corona COVID-19 dapat ditularkan melalui makanan, termasuk makanan yang dimasak secara matang ataupun tidak (misalnya, salad).

Akan tetapi, apabila dalam proses pembuatan dan pengiriman makanan terkena percikan air yang dikeluarkan oleh penderita saat bersin atau batuk, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat menular kepada orang yang memakannya. Jika demikian yang terjadi, maka orang yang memakannya dapat tertular virus corona. 

Hal ini karena penularan virus corona yang utama berasal dari cairan tubuh seseorang yang terinfeksi, seperti cipratan air yang keluar dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, atau mengeluarkan napas. 

Selain itu, peluang hidup virus corona COVID-19 pada permukaan benda, seperti plastik atau kemasan makanan, pun sangat kecil. Akibatnya, kemungkinan risiko penyebaran virus corona yang berasal dari produk atau kemasan makanan yang dikirim lewat ojek online pun tergolong rendah.

Maka dari itu, jika Anda ingin pesan makanan lewat online di tengah pandemi virus corona sebenarnya merupakan hal yang aman dilakukan, daripada harus bepergian keluar rumah.

Nah, agar pesan makanan lewat ojek online tetap aman, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

Memilih restoran yang terpercaya

Salah satu tips pesan makanan yang aman lewat ojek online adalah pilih restoran yang pasti-pasti saja. Artinya, Anda bisa pesan makanan dari restoran yang terpercaya atau paling tidak sudah pernah Anda coba atau pesan makanannya via online.

Pesan makanan yang dimasak dengan matang

Makanan yang dimasak dengan baik dan matang cenderung membuat berbagai virus, kuman, dan bakteri mati dalam proses memasak makanan.

Sementara, makanan mentah atau yang tidak dimasak dengan baik, seperti salad, ikan mentah, atau potongan buah-buahan segar cenderung mudah tercemar oleh virus, bakteri, dan kuman. Akibatnya, risiko makanan tercemar oleh virus dan bakteri pun menjadi lebih tinggi.

Membatasi kontak langsung dengan kurir

Tips pesan makanan lewat ojek online yang aman berikutnya adalah dengan membatasi kontak langsung antara pemesan dengan kurir yang mengantar makanan. Langkah ini dapat menjadi salah satu upaya pencegahan virus corona.

Ya, Anda bisa meminta secara khusus kepada kurir ojek online untuk mengantarkan makanan dengan cara meletakkannya di depan pintu atau pagar rumah, atau bisa pula meletakkannya di meja resepsionis bagi Anda yang tinggal di apartemen.

Memindahkan makanan dari kemasan ke tempat makan milik sendiri

Jika pesanan makanan sudah berada di tangan, sebaiknya segera pindahkan makanan dari kemasan plastik atau styrofoam ke tempat makan milik sendiri. Langkah ini bertujuan untuk menghindari paparan virus, bakteri, atau kuman yang mungkin menempel pada kemasan makanan selama di perjalanan kurir mengantarkannya.

Namun, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu sebelum memindahkan makanannya, ya.

Memanaskan makanan sebelum disantap

Sebelum menyantapnya, Anda bisa memanaskan kembali makanan yang Anda beli dari restoran.

Memanaskan makanan kembali bertujuan untuk mematikan virus, bakteri, atau kuman yang mungkin terkontaminasi pada makanan yang Anda pesan.(Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *