Alasan Mengapa Kamu Susah Bangun Pagi

Jagoankita.com – Apakah kamu selalu menekan tombol snooze setelah alarm berbunyi? Tandanya kamu memang orang yang susah bangun di pagi hari. Kenapa kamu bisa begitu?

Dilansir dari healthline.com, ada beberapa alasan mengapa manusia susah untuk bangun ketika pagi hari. Bisa karena gangguan gaya hidup, pengaruh obat, atau gangguan pada kesehatan mental.

Selain itu, kemungkinannya penyebab kamu susah bangun di pagi hari karena mengalami enam hal ini:

1. Parasomnia, seperti berjalan dalam tidur atau mengigau semalaman.
2. Sleep apnea, kondisi dimana tubuh berhenti bernapas saat tidur.
3. Stress dan kecemasan, pikiran yang sedang tidak baik bisa mengganggu kualitas tidur seseorang.
4. Depresi, sering kali terjadi rasa ngantuk berlebih di siang hari tetapi sulit tidur ketika malam hari.
5. Obat tertentu, mengonsumsi obat tertentu bisa jadi salah satu alasan mengapa kualitas tidur seseorang jadi menurun.
6. Sakit kronis, jika seseorang sedang sakit kronis juga bisa membuat tubuh sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya mudah. Cobalah melakukan meditasi, olahraga, dan mengonsumsi makanan sehat.

Selain itu, ubah juga kebiasaan kecilmu sebelum tidur seperti main ponsel atau laptop. Terlalu banyak menatap ponsel dan laptop membuatmu jadi terjaga semalaman. Lalu jika kamu mengonsumsi informasi yang ada di dalam ponsel secara berlebih, otak akan bekerja lebih keras untuk mengolah informasi. Ujung-ujungnya kamu sulit tidur.

Selain itu, informasi yang kamu dapatkan dari internet membuatmu jadi stres dan cemas. Ini membuatmu banyak pikiran. Tubuh jadi tidak rileks dan terlelap akan sulit.

Foto: pexels/Moose Photos

Jam tidur yang berantakan juga salah satu alasan utama mengapa kamu sulit untuk bangun di pagi hari. Ada orang yang saat liburan menghabiskan waktu untuk nonton film atau beraktivitas hingga tengah malam, bahkan sampai subuh menjelang pagi. Ini lah yang membuatmu jadi terjaga di malam hari tapi ngantuk saat siang hari. Biasanya orang akan menyebutnya dengan ngalong.

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol juga akan membuatmu terjaga. Alasan lain seperti terlalu banyak rebahan di kasur membuat tubuhmu merasa tidak lelah. Di malam hari kamu akan merasa segar.

Mulai sekarang, yuk perhatikan waktu tidurmu agar kamu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan bangun lebih segar di pagi hari. Selain membuat harimu lebih baik, kamu juga bisa melakukan banyak hal yang produktif ketika di siang hari. Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia karena jam tidur yang berantakan. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *