4 Langkah Menjaga Kebersihan agar Kamu dan Keluarga Terhindar dari Corona

Jagoankita.com – Telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO), hal ini menandakan bahwa virus Corona bukan hanya menjadi suatu permasalahan bagi beberapa negara, melainkan sudah menjadi masalah dunia.

Setelah virus Corona mewabah di seluruh belahan dunia, bumi seakan beristirahat dengan dihentikannya beberapa aktivitas seperti sekolah, tempat hiburan bahkan saat ini otoritas setiap negara memerintahkan masyarakatnya untuk bekerja di rumah.

Foto: pexels/brett sayles

Melansir laman New York Times, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan kepada semua orang untuk menghindari pertemuan yang melibatkan lebih dari 50 orang untuk meminimalisir penyebaran dari COVID-19.

Meskipun berbagai organisasi kesehatan dunia dan otoritas negara telah memerintahkan untuk bekerja di rumah, hal ini tampaknya tidak dapat dilakukan untuk beberapa profesi lainnya seperti jurnalis yang harus bersiaga untuk turun ke lapangan jika ada informasi terbaru, para petugas medis karena harus merawat orang-orang yang terinfeksi COVID-19 atau penyakit lainnya, polisi yang harus mengamankan daerah setempat, juga karyawan swasta yang bekerja dibagian pelayanan.

Selain menyarankan untuk melakukan social distancing seperti mulai belajar dan bekerja di rumah, WHO dan CDC juga menyarankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan seperti mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir agar terhindar dari COVID-19 dan segera mandi setelah sampai di rumah dari berpergian.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kenapa harus segera mandi padahal kita sudah mencuci tangan dengan bersih? Melansir laman resmi CDC, pakaian yang kita gunakan berpotensi besar untuk terkontaminasi virus.

Sementara itu, virus Corona ini sendiri dapat bertahan selama berjam-jam di pakaian yang kita yang telah terkontaminasi. Apakah kamu ingin menyebarkan virus ini ke keluargamu? Tentunya tidak.

Foto: twitter/@infomalang

Maka dari itu, CDC menyarankan untuk semua orang untuk melakukan langkah-langkah berikut setelah sampai di rumah dari berpergian.

1. Menyemprotkan desinfektan pada barang-barang yang kamu bawa dan kamu pakai saat berpergian seperti, sepatu, ponsel, kacamata dan lain-lain

2. Mencuci tangan dan kasi menggunakan sabun dan air yang mengalir sebelum memegang benda lain yang terdapat di dalam rumah

3. Meletakkan baju kotor langsung di mesin cuci atau keranjang khusus pakaian kotor

4. Segera mandi.

Lidungilah keluargamu dengan menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri. (JJ)

jojo

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *